Kundur News – Denpasar – Tercatat 11% Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank dari 3.061 ATM di Bali terkena dampak dari gangguan yang terjadi pada satelit Telkom 1. Dimana sejak Jumat (25/8) sore telah terjadi gangguan pada satelit Telkom 1 yang digunakan sebagai Jaringan Komunikasi Data (JKD) layanan ATM beberapa bank di Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana pada keteranganya di Denpasar, Senin (28/8/2017).
Causa Iman menyampaikan akibat gangguan Satelit Telkom 1 menyebabkan bank yang menggunakan Jaringan Komunikasi Data (JKD) satelit Telkom 1 menjadi offline. Telkom menyatakan telah terjadi anomali yang berakibat pointing antena satelit Telkom 1 mengalami pergeseran sehingga semua transponder terganggu.”Perbankan di Wilayah Kerja BI Provinsi Bali pun tidak luput dari gangguan tersebut” kata Causa Iman
Causa Iman berharap masyarakat tidak perlu panik. JKD layanan ATM perbankan terdiri dari satelit dan fiber optik. Umumnya Perbankan mempunyai back up JKD yang berfungsi apabila JKD Utama mengalami gangguan. Perbankan di wilayah kerja BI Provinsi Bali segera mengantisipasi dampak dari gangguan satelit Telkom 1 tersebut.
“Beberapa bank segera melakukan contigency plan seperti menggunakan JKD backup dan berkoordinasi dengan Telkom untuk pemulihan gangguan. Sementara koneksi dialihkan dari satelit Telkom 1 ke satelit Telkom S3 atau satelit lainnya” papar Causa Iman
Causa Iman menyampaikan bahwa transaksi tarik tunai dan transfer dana tetap dapat dilakukan. Apabila masyarakat menemukan ATM bank yang offline, masyarakat dapat melakukan tarik tunai dan transfer dana melalui ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama. “Terdapat bank yang membebaskan biaya tarik tunai dari ATM bank lain sehubungan dengan adanya gangguan ini” jelas Causa Iman.
Causa Iman mengungkapkan masyarakat juga dapat melakukan tarik tunai dan transfer dana melalui ATM yang ada di kantor cabang (KC) bank. Umumnya ATM yang ada di KC bank menggunakan Fiber Optik untuk layanan ATM sehingga tidak terkena gangguan satelit Telkom 1. Masyarakat pun dapat melakukan transaksi tarik tunai dan transfer dana secara manual melalui teller.
Causa Iman menambahkan BI Provinsi Bali terus memantau perkembangan pemulihan gangguan dengan berkoordinasi dengan KP BI dan perbankan yang ada di wilayah kerja BI Provinsi Bali. Estimasi perbaikan diperkirakan memakan waktu lima hingga 25 hari kerja untuk bank yang terdampak cukup signifikan.*