PELANGIRAN – Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 10/Pelangiran (Plg) , Serda Dodi Eka Putra bersama masyarakat setempat melaksanakan patroli dan sosialisasi di kelurahan Pelangiran, Kecamatan Pelangiran, kabupaten Indragiri Hilir, pada Rabu (25/9/2024) pagi.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan wilayah tersebut terbebas dari ancaman kebakaran hutan dan lahan.

 

Selain menyusuri semak belukar yang rawan terbakar, Babinsa juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran lahan.

 

“Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan mencegah terjadinya Karhutla. Pembakaran hutan dan lahan tidak hanya merusak ekosistem tetapi juga dapat menimbulkan bencana kabut asap yang merugikan kita semua,” ungkap Serda Dodi Eka Putra.

 

Patroli Karhutla ini rutin dilakukan Babinsa Koramil 10 /Plg guna memastikan wilayah binaan mereka bebas dari aktivitas pembakaran liar. Dalam kegiatan ini, Serda Dodi Eka Putra menekankan pentingnya kesadaran kolektif untuk menjaga lingkungan.

 

“Kita harus berpatroli secara rutin dan meningkatkan pengawasan. Jangan sampai ada warga yang membuka lahan dengan cara membakar. Selain berbahaya, itu melanggar hukum,” tambahnya.

 

Selain itu, Babinsa juga menyampaikan ancaman pidana bagi siapapun yang dengan sengaja membakar hutan atau lahan.

 

“Undang-undang sudah jelas, siapapun yang terbukti melakukan pembakaran akan dikenakan sanksi hukum. Kami harap masyarakat menghindari cara ini demi kebaikan bersama,” tegasnya.

Previous articleJika Terpilih, Haji Herman dan Ibu Yuliantini Siapkan Kotak Saran untuk Masyarakat
Next articleGelar Komsos, Babinsa Koramil 10/Plg Koptu J Manurung Ajak Warga Jaga Kondusifitas Jelang Pemilukada serentak 2024