TEMBILAHAN – Guna memenuhi ketersediaan akses internet yang merata di semua desa se Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Haji Herman berkomitmen sediakan jaringan internet.

 

Komitmen tersebut sesuai dengan Program Aksi DESA HEBAT merupakan salah satu visi misi Haji Herman yang saat ini merupakan Calon Bupati Inhil berpasangan dengan Yuliantini.

 

Jika dia terpilih menjadi Bupati Inhil, akan memperluas jaringan internet di 20 kecamatan, 39 kelurahan dan 197 desa dengan selogan Desa Digital.

 

“Kita akan bangun jaringan internet hingga ke pelosok desa se kabupaten Inhil,” kata Haji Herman memaparkan program kerjanya jika terpilih menjadi Bupati Inhil, Selasa (1/10/2024).

 

Dipaparkan Haji Herman, Desa Digital adalah program pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital dan internet.

 

“Tujuannya untuk lebih mengembangkan potensi desa, pemasaran, layanan akses, dan informasi,” paparnya.

 

Layanan publik desa akan di digitalisasi terhubung dengan jaringan nirkabel, memiliki pusat komando, media sosial, promosi, e-commerce serta aplikasi yang disesuaikan dengan karakter dan potensi ekonomi setiap desa.

 

Lewat program ini, papar Haji Herman, diharapkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa meningkat. Melalui digital, akses informasi dan ekonomi terbuka lebar hingga ke dunia internasional.

 

Untuk mensukseskan program kerja ini, Pemerintah Kabupaten Inhil nantinya akan menyiapkan SDM andal, membangun infrastruktur digital, pembiayaan teknologi dan komunikasi serta pertumbuhan keuangan tinggi.

 

Lebih lanjut Haji Herman memaparkan, ide Desa Digital ini tidak hanya sebatas pada akses, melainkan pada konten yang meningkatkan level kesejahteraan Masyarakat.

 

“Bagaimana teknologi bisa mengangkat menghidupkan masyarakat kita di desa. Bagaimana internet ini meningkatkan indeks literasi Masyarakat,” ujarnya.

 

Selain itu, program Desa Digital juga meliputi pelatihan BUMDes terkait digital marketplace sehingga di akhir terwujud peningkatan produktivitas masyarakat desa secara mandiri dan berkelanjutan.

 

Berikut Program Aksi Desa HEBAT:

 

1. Penyediaan Jaringan Internet sampai ke desa;

2. Mengembangkan desa-desa dengan potensi budaya dan sejarah sebagai destinasi wisata;

3. Peningkatan infrastruktur perdesaan berbasis swakelola;

4. Meningkatkan peran BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa;

5. Penambahan insentif RT/RW, LPM dan Kader Posyandu;

6. Program desa maju desa mandiri Inhil hebat dalam pendampingan pembangunan desa;

7. Peningkatan keagamaan melalui rumah Tahfiz dan Inhil mengaji dalam upaya pengentasan buta aksara baca Al-Qur’an;

8. Pembangunan dan perbaikan infrastruktur perdesaan seperti jalan desa, jalan usaha tani dan irigasi dalam memperlancar distribusi produk lokal dan meningkatkan daya saing;

9. Mendorong produk unggulan desa berbasis potensi lokal seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan kerajinan tangan melalui program pelatihan akses teknologi dan pendampingan usaha;

Previous articlePersatuan Pejuang Perempuan ASLI-SAYANG Resmi Terbentuk di 7 Kelurahan di Kecamatan Sekupang
Next articlePolsek Tembilahan Hulu Intensifkan Cooling System Menjelang Pilkada Inhil 2024