Inhil – Pemerintah Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Islam Indragiri (Unisi) menggelar sosialisasi websit‎e pemasaran digital beras Indragiri, di Kantor Desa Sialang Panjang, Jum’at (16/8/24).

Ketua KKN tematik Unisi Sultan Iskandar Muda mengungkapkan, bahwa sebagai mahasiswa dirinya dan rombongan kukerta ingin ikut andil di lingkungan masyarakat dengan membuat website yang bertujuan untuk pemasaran produk beras milik Desa Sialang Panjang.

“Tujuan program kerja pengembangan website kami adalah promosi produk, peningkatan pendapatan, pengenalan desa dan pemasaran digital. Ini kami buat biar tidak sama dengan yang lain,” katanya.

Kemudian, dia menambahkan, bahwa dalam website tersebut terdapat berbagai fitur yang memudahkan masyarakat ataupun konsumen untuk mengetahui informasi tentang desa Sialang Panjang. Dan juga menariknya lagi, mereka yang ingin membeli produk beras bisa memesannya langsung dan terhubung ke operator untuk melakukan transaksi pembelian.

“Di dalam website tersebut kita sudah lengkapi banyak fitur-fitur diantaranya informasi tentang sejarah dan profil desa Sialang Panjang, produk unggulan, daftar dan diskripsi produk beras yang tersedia untuk dijual, informasi kontak, rincian untuk menghubungi pengelola website atau desa dan berita kegiatan, update terbaru mengenai kegiatan dan acara desa,” sebutnya.

Selanjutnya Sultan menjelaskan, adapun manfaat website ini diantaranya akses pasar yang lebih luas, peningkatan penjualan, informasi yang mudah diakses dan pemberdayaan ekonomi lokal. Dia berharap, semoga website ini bisa terus berkembang sehingga menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk menerapkan sistem website pemasaran digital.

“Harapan kami website ini bukan hanya di kerjakan di Desa Sialang Panjang, mungkin bisa di desa-desa lain, apalagi kalau pemerintah daerah kita melihat bahwa kita anak mahasiswa bisa menciptakan website yang bisa menjadi landasan utama, jadi di daerah-daerah lain tu memiliki website masing-masing jadi ada gabungan website gitu untuk memajukan daerah,” harapnya.

ementara itu, Kepala Desa Sialang Panjang M. Juber mengatakan, bahwa pemerintah desa sangat mengapresiasi dan juga mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan program kerja dalam hal ini website desa oleh mahasiswa KKN tematik Unisi.

“Kami atas nama Pemerintah Desa sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas program kerja dalam hal ini website desa. Dengan adanya website desa ini tentunya kami mengharapkan sistem pemasaran dari komersial ini begitu luas di tengah-tengah masyarakat umum, supaya nampak produk hasil unggulan Desa Sialang Panjang ini terutama dalam hal beras,” kata alumni Madrasah Tsanawiyah Desa Sialang Panjang itu.

M.Juber yang juga merupakan alumni STAI Auliarrasyidin ini menyebut, bahwa di Desa Sialang Panjang masih banyak lagi potensi-potensi produk yang bisa dipasarkan.

“Selain beras banyak potensi desa yang harus kita pasarkan baik itu dalam hal perkebunan maupun dari kreativitas pemudanya di sini, karena selain bahan masyarakat di sini masalah pertanian dan perkebunan mereka itu mampu mengelola limbah itu menjadi produk-produk yang bisa dipakai,” pungkasnya.

Previous articlePemerintah dan TP. PKK Kabupaten Asahan Salurkan Bantuan Sembako Jelang HUT ke 79 RI
Next articlePassword Untuk Modem Huawei HG8245A, HG8245H, HG8245H5, HG8546M, dan HG8145V5