Kuala selat – Dengan di tetapkanya status Malaria di Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), Pj.Bupati H.Erisman Yahya secara lansung turun meninjau dan memberikan bantuan kepada korban penyakit malaria ke kuala Selat Kecamatan Kateman, Kamis (10/10/2024)

Pada kesempatan tersebut turut serta Anggota DPRD Inhil Said Zubir dari Fraksi PKB dengan didampingi, Kadis Kesehatan, Plt.Kadis Sosial, Kadis PMD, Kalaksa BPBD, sekretaris DLHK, Dinas PUTR, UPTD Puskesmas Bekawan, UPTD Puskesmas Kuala Selat, Ikatan Dokter Indonesia Cab.Inhil.

 

Berdasarkan laporan Camat Kateman, Drs.Junaidi mengatakan saat ini sudah ada 92 Kasus Malaria yang tersebar di 2 Kecamatan yaitu; Kecamatan Mandah (Bekawan dan Bidari) dan Kecamatan Kateman (Tanjung Simpan, Penjuru, Simbar dan Kuala Selat).

 

Selain dari Dinkes dan Tim Dokter untuk mengatasi penyebaran malaria ini juga dibantu dengan Nakes dari Puskesmas Guntung, Mandah, bekawan, Pulau Burung, Pelangiran, Telekung Belengkong.

Sosialiasi pencegahan KLB malaria yang dilaksanakan di Aula MTs An-nur Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman oleh Tim Dokter.

 

Pj.Bupati H.Erisman Yahya dalam kunjungan menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan. Karna kalau hanya mengandalkan dari Tim medis tidak akan berhasil.

“Kepada masyarakat agar menjaga kebersihan masing-masing, jangan sampai terjadi genangan air dilingkungan masing-masing. Karena, Tim medis hanya bisa membantu memberikan pencegahan maupun obat-obatan untuk mengatasi KLB malaria ini”.

Untuk diketahui, wabah malaria merupakan yang terbesar di Inhil setelah wabah malaria pada tahun 2004 yang lalu.

 

Sumber Prokopim Setda Inhil.

Previous articleJelang Pilkada, Polsek Tembilahan Hulu Ingatkan Jangan Mudah Terprovokasi
Next articlePaslon Bupati Inhil, Haji Herman Bersama Warga Nobar Laga Timnas VS Bahrain